RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Diajukan untuk
memenuhi salah satu tugas
Mata Kuliah :
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Dosen pengampu : Dr. Mahmud Arif,
M.Ag.
Disusun oleh :
Wijayanti
Wulan Septi
NIM. 1220420021
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
KONSENTRASI
PAI
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN
KALIJAGA YOGYAKARTA
2013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Kuliah : Al Quran
Semester : I (Ganjil)
Pertemuan ke : 2 (dua)
Fakultas : Tarbiyah dan Keguruan
Program Studi : PGMI
Alokasi Waktu : 35 menit
A. Kompetensi Dasar
Mahasiswa
mampu memahami konsep iman, ilmu dan amal dalam al Qur’an dan menerapkannya
dalam kehidupan sehari-hari
B. Indikator
Mahasiswa
mampu:
1.
Mengkonsepkan keterkaitan antara iman, ilmu dan amal
2.
Menunjukkan dalil iman, ilmu dan amal
3.
Mencontohkan keterpaduan antara iman, ilmu dan amal dalam bidang
pendidikan, politik, dan ekonomi
C. Tujuan pembelajaran
1.
Melalui ceramah dan tanya jawab mahasiswa dapat mengkonsepkan keterkaitan
antara iman, ilmu dan amal
2.
Melalui demonstrasi mahasiswa dapat menunjukkan dalil iman, ilmu dan amal
3.
Melalui diskusi mahasiswa dapat memberikan contoh keterpaduan antara iman,
ilmu dan amal dalam bidang pendidikan, politik dan ekonomi
D. Materi
1.
Materi tentang iman, ilmu dan amal
2.
Dalil iman, ilmu dan amal
E. Metode/ Strategi/
Pendekatan pembelajaran
1.
Metode : ceramah, demonstrasi
dan diskusi
2.
Strategi : TV Commercial
3.
Pendekatan : keimanan, rasional, dan
pengamalan
F. Kegiatan pembelajaran
Urutan
Kegiatan
|
Langkah-langkah
pembelajaran
|
Waktu
|
Metode
|
Kegiatan
Awal
|
·
Dosen membuka pembelajaran dengan salam dan doa
·
Apersepsi
·
Memberikan motivasi akan pentingnya materi tentang iman, ilmu, dan amal
·
Menyampaikan indikator pembelajaran
|
5 Menit
|
Ceramah,
tanya jawab
|
Kegiatan
Inti
|
·
Mahasiswa memperhatikan penjelasan dosen
·
Mahasiswa membentuk 3 kelompok. Kelompok Iman, ilmu dan amal.
·
Mahasiswa mendiskusikan tema yang telah ditentukan dosen (mencari contoh
keterkaitan iman, ilmu dan amal dalam bidang pendidikan, politik dan ekonomi,
serta membuat slogannya)
·
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain
menanggapi
|
25 Menit
|
Ceramah,
demonstrasi, tanya jawab, diskusi
|
Kegiatan
Akhir
|
·
Dosen bersama mahasiswa membuat kesimpulan tentang materi Iman, Ilmu dan
amal
·
Menutup perkuliahan dengan hamdalah dan do’a.
|
5 Menit
|
tanya jawab
|
G. Media dan alat peraga
Laptop,
Proyektor, Kertas, Spidol, Whiteboard.
H. Sumber belajar
1.
Mahmud Arif, dkk, Al Quran dan Pembelajarannya, Pokja Akademik UIN
Sunan Kalijaga, 2006
2.
Harun Yahya, Suara Hati dan Al Quran (The Importance of Conscience in
the Quran), Surabaya: Risalah Gusti, 2003
3.
Departemen Agama, Al Quran dan Terjemahnya, Bandung: CV Jumanatul ‘Ali
Art, 2005, dan
4.
Buku-buku yang relevan
I.
Penilaian
1.
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Mahasiswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Dosen
Pengampu,
Dr. Mahmud Arif, M.Ag
NIP.
19650405 199303 1 002
|
Yogyakarta,
17 Oktober 2013
Praktikan,
Wijayanti
Wulan Septi
NIM.
1220420021
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar